SATGAS LATMA RIMPAC 2024 PROMOSIKAN BUDAYA INDONESIA MELALUI NATIONAL RECEPTION

Amerika Serikat — Liputan Hukum Indonesia

 

Dalam rangka pelaksanaan Harbor Phase pada Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2024, KRI Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) menggelar National Reception yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada II, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II, Ny Dian Ariantyo Condrowibowo bertempat di Geladak Heli KRI REM-331 yang sedang bersandar di Dermaga Pier B13 Pearl Harbor, Hawaii Amerika Serikat.

 

Dalam kesempatan tersebut Pangkoarmada II menyampaikan ucapan terima kasih kepada para delegasi dan undangan yang telah hadir di KRI REM-331. Pangkoarmada II juga berharap dengan kegiatan Latma Rimpac 2024 dapat mempererat hubungan dan persaudaraan Angkatan Laut antara peserta latihan.

 

Acara diawali dengan tanda penyematan Udeng terhadap Commander US Pacific Fleet Admiral Stephen Koehler oleh Prajurit KRI REM-331 dan pembukaan serta sambutan yang dibacakan oleh Pangkoarmada II. Acara dilanjutkan dengan kesenian yang ditampilkan oleh Prajurit KRI REM-331 diantaranya Martadinata Band, Tari Nusantara, Jaranan, dan Fashion Show serta Flashmob.

 

Acara yang ditampilkan dalam bentuk kreativitas Prajurit KRI REM-331 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Adam Tjahja S ini menarik antusiasme dari peserta yang terdiri dari berbagai negara yang sedang mengikuti Latma Multilateral Rimpac 2024. Lantunan musik dan ayunan tari kesenian memukau semua peserta yang melihat secara langsung budaya Indonesia tersebut.

 

Selain itu, undangan dan delegasi yang datang disuguhkan dengan berbagai macam makanan khas Nusantara dimana masakan ini ditampilkan untuk mengenalkan beragam macam sajian makanan yang ada di Indonesia.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Admiral Stephen Koehler (Commander of US PACIFIC FLEET, Vice Admiral John Wade (Commander of US 3rd FLEET), Vice Admiral Frank Lenski (Vice Chief of German Navy).

 

Sedangkan pejabat TNI AL yang hadir Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2 Brigjen TNI Mar Muhammad Nadir, Asops Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Nurul Muchlis, Atase Laut RI di Washington DC Kolonel Laut (P) Yano F. Wenas, Komandan Unsur Tugas (Dan UT) Marinir Mayor Mar Lukman Susanto serta Dan UT Kopaska Mayor Laut (E) Nyoman Joko.

 

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac 2024 merupakan salah satu program antara TNI AL dengan U.S. Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Penulis: SuhailiEditor: IDHAM H.A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *