TEKAD TNI AL LESTARIKAN BUDAYA BANGSA, AKSI TARI SAMAN PRAJURIT BRIGIF 2 MARINIR PUKAU MASYARAKAT SURABAYA

Surabaya — Liputan Hukum Indonesia.-

Tari Saman dan Hadrah Rebana Banjari merupakan tarian yang membutuhkan kerjasama antara tim. Biasa dimainkan sebagai tempat menyampaikan nasihat, pesan, atau dakwah, Tarian ini menggambarkan tentang keagamaan, pendidikan, sopan santun, kepahlawanan, kebersamaan dan kekompakan. Tari Saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo dan biasanya ditampilkan dalam suatu perayaan penting di suatu peristiwa adat.

Tarian ini menjadi salah satu aksi yang ditampilkan prajurit TNI AL dari Brigif 2 Marinir saat turut memeriahkan kegiatan Marines Base Open Day (MBOD) dalam rangka memperingati HUT ke 77 Korps Marinir TNI AL di Marines Sport Center Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur. Minggu (20/11/2022) disamping pertunjukan lain seperti Kolone Senapan dan Hadrah Rebana Banjari.

Sebagaimana diketahui, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang dikenal sebagai Laksamana Budayawan tidak pernah berhenti menggaungkan kembali budaya-budaya lokal yang mulai tergerus oleh budaya-budaya asing akibat kemajuan teknologi. Kasal menegaskan, budaya harus dilestarikan karena itu merupakan identitas bangsa.

Keterampilan yang ditunjukkan oleh prajurit Yonif 1 dan Yonif 3 Marinir tersebut merupakan hasil latihan yang mereka laksanakan selama ini, disela-sela kesibukan kegiatan di Satuan, mereka berlatih dengan penuh semangat dan disiplin tinggi bersama pelatih-pelatih prajurit Brigif 2 Marinir.

Tak ayal, aksi Tari Sama, Kolone Senapan dan Hadrah tersebut, mendapatkan tepuk tangan yang meriah dari para tamu undangan dan masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang hadir di Marines Sport Center Bhumi Marinir Karangpilang.

Kegiatan yang dipimpin Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan dan dihadiri Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Ahmad Fajar, Dankolatmar Kolonel Marinir I Made Sukada, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Idi Rizaldi, para Asisten Komandan Pasmar 2 dan Komandan Kolak/Satlak di jajaran Pasmar 2, Kolatmar dan Lanmar Surabaya tersebut diawali dengan pemberian santunan kepada anak Yatim, SKJ 88, Kick Off pertandingan Final Sepak Bola Junior, Jalan santai penanaman pohon dan lomba mewarnai.

Dalam kegiatan tersebut Tim Kolone Senapan Yonif 3 Marinir dibawah pimpinan Letda Marinir Rizki G. Samudro dan Tim Hadrah serta Tari Saman dari Yonif 1 Marinir unjuk kemampuan dihadapan ribuan penonton yang hadir di acara MBOD.

Kolone Senapan merupakan kolaborasi gerakan baris berbaris dan gerakan senjata yang mencerminkan kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan dan ketangkasan serta kerjasama yang solid diantara mereka.

Sementara itu, Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir I Gede Edy Supryadi, M.Tr. Hanla., M.Tr(Han) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prajurit yang telah berpartisipasi pada kegiatan MBOD dengan menampilkan Kolonel Senapan, Hadrah dan Tari Saman serta anak-anak yang ikut serta pada lomba mewarnai dalam rangka memperingati HUT ke 77 Korps Marinir TNI AL tahun 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *